5 Kesalahan Saat Mencari Apartemen Yang Harus Dihindari

5 Kesalahan Saat Mencari Apartemen Yang Harus Dihindari

Anda sedang mencari apartemen baru? Mencari apartemen baru membuat Anda harap-harap cemas. Tentunya, Anda berharap kalau tempat tinggal berikutnya akan lebih baik. Untungnya, banyak masalah saat mencari apartemen bisa dihindari ketika Anda lebih teliti. Berikut ini kesalahan yang harus dihindari ketika mencari apartemen baru.

Beranggapan pindah ke apartemen baru sebagai solusi

Photo credit: ytimg.com

Sebagai penyewa, Anda mungkin sudah terbiasa dengan pindahan. Bisa jadi tiap tahun Anda berada di apartemen berbeda. Sayangnya, perjanjian sewa apartemen baru berarti masalah baru lagi. Pindahan menimbulkan stres dan juga makan biaya. Sebelum memutuskan pindah ke tempat yang Anda anggap lebih baik, pertimbangkan apakah Anda tidak merasa senang dengan tempat tinggal yang sekarang. Tiap hunian punya kekurangan dan kelebihan. Putuskan apakah Anda bisa menerima kekurangan apartemen yang ada sebelum pindah ke masalah yang baru lagi.

Baca tentang informasi kuliner di Permata Hijau.

Jatuh cinta dengan gambar ketika mencari apartemen

Saat ini, pencarian apartemen biasanya dimulai secara online, dimana Anda bisa browsing dan melihat foto apartemen yang disewakan di area yang Anda inginkan. Tak ada yang salah dengan melihat gambar unit apartemen sebelum melihatnya secara langsung. Tapi perlu diingat, pada kebanyakan kasus, foto tidak mewakili kondisi sebenarnya. Unit yang terlihat sangat nyaman di foto, mungkin terlihat lebih kotor. Akan jadi masalah bila Anda sudah terlanjur jatuh cinta pada gambar di dalam foto.

Biaya sewa apartemen melebihi anggaran Anda

Sebelum mulai mencari apartemen, Anda perlu memutuskan seberapa banyak Anda mampu membayar sewa. Kebanyakan ahli keuangan merekomendasikan Anda menghabiskan tidak lebih dari 30 persen gaji untuk biaya tempat tinggal. Anda mungkin ingin menganggarkan lebih sedikit dari jumlah ini. Tapi berapapun anggaran yang Anda tetapkan, jangan melanggarnya. Jangan pernah mencari apartemen yang melebihi anggaran Anda.

Tidak membaca perjanjian sewa

Baca tiap kata dengan seksama dan pastikan Anda memahami dan menyetujuinya. Jika tidak sesuai, pilih apartemen lain sebagai tempat tinggal Anda. Jangan sampai Anda baru menyadari setelah menandatangani perjanjian sewa kalau Anda bertanggung jawab mengecat ulang apartemen sebelum pindah.

Tidak mengenal pemilik apartemen

Photo credit: makespace.com

Beberapa pemilik apartemen peduli dengan properti dan penyewanya. Mereka akan mengangkat telepon Anda dan memperbaiki kebocoran toilet serta mengirim teknisi untuk mengatasi masalah Anda. Pemilik lainnya memperlakukan penyewa seperti mesin uang, sekali uang diterima, ia tidak pernah muncul lagi.

Bila Anda punya masalah dengan apartemen, pemilik yang tidak peduli akan membuat Anda frustasi. Pastikan Anda mengetahui seperti apa pemilik apartemen sebelum menandatangani perjanjian sewa apartemen. Anda bisa lakukan pencarian di Google atau menanyakan apakah Anda bisa mengontak penyewa sebelumnya. Bila menemukan masalah serius, cari tempat tinggal lain. Tak ada gunanya berurusan dengan pemilik properti yang tidak kooperatif.

Sebelum mencari apartemen baru, pikirkan apa yang sangat penting untuk Anda. Apakah Anda mencari apartemen  yang dekat dengan kantor? Mencari fasilitas seperti mall, taman, atau pusat kebugaran? Penting untuk memahami apa yang Anda inginkan dari apartemen. Jika tidak, Anda akan mengabaikan hal yang detail seperti ukuran apartemen, dekorasinya, atau harga sewanya.

Bagaimana dengan Anda, kesalahan apa yang pernah Anda lakukan ketika mencari apartemen?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *